Tuesday, 6 September 2011

LO.GUE.BERJUANG!

Perjuangan 1.

Ospek. satu kata yang sepertinya bila di bayangkan akan tersirat gambaran-gambaran yang tidak indah sedikitpun. Tapi, pemikiran-pemikiran dan khalayan-khalayan kalian akan makna ospek yang negatif sepertinya akan tersingkirkan bila kalian mengikuti ospek kami (haha). Ospek yang beda dari yang lain, yup !! Hanya ada di FENOMENA 2011 FIKOM UNPAD.


Dimulai dari melek jam 3 pagi, diawal hari, Senin, 8 Agustus 2011, kami mulai bergelut dengan dinginnya air Jetinenzher yang mungkin melebihi suhu air es di kulkas kalian masing-masing. (Gak usah jauh-jauh ke luar negri buat ngerasain sensasi "tiris" salju). Makan sahur dengan lauk ala kadarnya anak kosan, kami berangkat penuh suka cita menuju tempat yang telah ditentukan sekitar jam 04.30 dikarenakan kami harus sudah tiba disana jam 05.00. Mungkin dalam benak kalian ini sebuah tindakan semena-mena senior terhadap kami. Tapi, apa kalian tau, bahwa akang teteh panitia ternyata datang lebih awal dibandingkan kami?. Mereka datang sekitar jam 3 pagi gan !!. Apa masih berfikir bahwa yang mereka lakukan adalah tindakan semena-mena seorang senior???.
" Atur barisannya !! Maba Putra, lindungi maba Putrinya !! Jangan ngobrol !! Fokus !!". Itu adalah sambutan spesial yang kami dapatkan dari akang teteh FIKOM UNPAD. Ada fakultas lain (entah fakultas apa) menatap kami dengan rasa iba campur syukur karena mereka tidak mendapat sambutan seindah itu.
Iba ?. Sepertinya kami tidak perlu mendapat kata iba, karena kami tau itu semua kata-kata yang membuat kami agar kami lebih disiplin, lebih mengerti, lebih fokus, lebih inisiatif, lebih sadar bahwa kami ini sudah MAHASISWA, bukan anak SMA lagi, harus bergerak cepat, gak boleh lambat.
Kami dibagi diperintahkan untuk berbaris, setelah itu kami berjalan menuju FIKOM.
" Cepat..cepat..!!. Jangan lambat !!. Maba Putra, lindungi maba Putrinya !!".
" Cepat bukan berarti lari !!".
kata-kata itu, semuanya memiliki makna.
> Cepat-cepat : kita sebagai seorang mahasiswa dituntut untuk bergerak cepat dalam segala situasi dan kondisi,harus sigap dan gesit dalam segala situasi. Itu yang ingin disampaikan oleh akang dan teteh panitia sebenarnya.
> Maba Putra, lindungi maba Putrinya : itu pertanda bahwa akang dan teteh peduli terhadap kami. Mereka mengetahui bahwa jumlah maba putri lebih banyak dibandingkan maba putra. Oleh karena itu, kami harus saling melindungi satu sama lain, terutama sebagai seorang putra, mereka harus melindungi teman-teman putrinya.
> Cepat bukan berarti lari : mereka gak mau kalau adik-adiknya sakit karena kelelahan berlari ataupun karena jatuh.
Namun, beberapa orang memaknainya dengan cara berbeda.


Perjuangan 2

Perjuangan selanjutnya adalah tugas.
Tugas pertama yang diberikan oleh akang dan teteh panitia adalah mencari biodata teman sekelompok dan membuat esey tentang potensi Fikom UNPAD dimasa yang akan datang.
Sekali lagi, semua yang diberikan oleh akang dan teteh panitia memiliki makna dan tujuan yang baik bagi kita.
Tugas biodata. Dengan tugas ini kita bisa mengenal satu sama lain, bisa mengetahui daerah asal mereka, bisa lebih dekat lagi. Bila kalian sadari, dengan adanya tugas ini, sebagian orang telah menemukan teman yang "sreg" dengan dia, yang nyambung dalam obrolan maupun pemikiran.
Untuk tugas esey mungkin lebih sulit dibandingkan tugas biodata, karena sebagian dari kami belum memiliki gambaran tentang tugas tersebut, sehingga banyak yang mengambil jalan pintas dengan cara COPAS alias Copy-Paste. Mungkin karena terbiasa mengerjakan tugas di SMA dengan cara seperti itu dari internet, jadinya kebawa deh di posisi mahasiswa ini.
Hari berikutnya menyambut kami, tugas pun dikumpulkan. Kami tidak menyangka bahwa tugas kami akan diperiksa, benar-benar diperiksa, sehingga diantara dari kami, ada yang tertangkap basah menggunakan jalan pintas tersebut (COPAS). Dan disitupun kami diberi peringatan, diberi tau kalau di bangku kuliah, COPAS menjadi suatu hal yang diharamkan. Kalaupun memang kita membutuhkan refrensi, jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya, agar kita tidak disebut dengan plagiator.
Tugas gak berakhir sampai di situ. Tugas selanjutnya yang menyambut adalah tugas membuat Fikom yel angkatan dan logo angkatan.
Dengan berbagai macam filosofi warna dan bentuk dari logo-logo yang ditampilkan, disini sangat terlihat, bahwa angkatan 2011 memiliki orang-orang kreatif, yang memilki pola fikir yang bisa dikatakan ajaib pula.
Kreatifitas itupun bisa terlihat dari penampilan Fikom yel angkatan kami, 2011.
selain sisi kreatif, keunikan pun terjadi disini. Mungkin masih berbekas dalam benak kita bila mendengar " Rawr..Rawr..". Hahaha,, Fikom yel yang satu ini memang Fikom yel ter-booming .. =D
Yap,, dengan pemilihan dari suara kami sendiri, terpilihlah Fikom yel dan Logo angkatan kami.
(Fikom yel 26 bisa dilihat di post dibawah)



Cheers ;)

FIKOM SONG

Ok guys, bertanya soal lagu, gw yakin FIKOM paling banyak lagunya deh dibanding fakultas-fakultas lain. Dan kayaknya nih, ini dampak dari kreatifitas yang tak dibendung. #bahasalo. Nah tapi ada satu lagu yang gw jamin semua anak FIKOM pasti tau. Baik dia MABA (Mahasiswa Baru) ataupun MABA (Mahasiswa Baheula). lagu itu disebut dengan nama FIKOM SONG. So, langsung aja beranjak kepada lirik lagu tersebut. check it out. 


FIKOM so good and so kind to me
like all the rest of the family
I'll never forget my FIKOM
FIKOM.. FIKOM.. FIKOM..

ps: nyanyi ini harus pake hati


That's it, tapi, walaupun teks lirik ini hanya sedikit, tapi liriknya itu mengandung banyak makna. 

FIKOM DUAPULUHENAM

Sejarah singkat:
Fikom 26 terjadi dikarenakan adanya tugas dari kaka senior untuk membuat yel-yel angkatan (kayak sejarah perang aja ya.hihi). Yel-yel ini pertama kali ditenarkan oleh kelompok besar 2, and did you know. It's amazing. ahaha. ok, no bacot, no sara, no lama. let's check it out aja. ITS FIKOM 26.


I'm Fikom, You Fikom, we all Fikom!
We make friend, not enemy!
We make peace, not war!
Yeeey yeeey yeeey!

We wanna F, for Fun!
We wanna I, for Innovative!
We wanna K, for Kind!
We wanna O, for Ordinary!
We wanna M, for Mmmuach!

Say what???
Fikom! Fikom! Fikom!
Ssssttt...



Ok, That's FIKOM 26, dan perlu anda ketahui pertama gw denger ni lagu, merinding beud gw, yang kalo dalam bahasa Prancis tuh disebutnya muringkak bulu punduk. haha. 
So two thumps up for orang yang uda bikin ni yel-yel.

Bit of Padjadjaran University History

Sejarah Singkat Fikom Unpad

Langkah awal berdirinya Fikom Unpad yang semula bernama Fakultas Publisistik ditandai dengan pembentukan panitia pada tanggal 30 Mei 1960 dengan susunan personalia terdiri atas :

  • Ketua : Prof. Dr. Mr. R. Moestofo
  • Sekretaris : Azhary Sulaiman (wartawan)
  • Anggota :
    • A.Z. Palindih (Serikat Perusahaan Surat Kabar)
    • S. Rochadi (Persatuan Wartawan Indonesia)
    • R. Roekomy (Jawatan Penerangan Propinsi Jawa Barat)
Dalam perkembangannya, panitia tersebut mendapat dukungan luas dari tokoh-tokoh masyarakat, baik di Jawa Barat maupun di Jakarta. Beberapa tokoh diantaranya :

  • Prof. Mr. Iwa Kusuma Sumantri (Presiden Universitas Padjadjaran)
  • Kolonel Mashudi (Gubernur Jawa Barat)
  • Kolonel Ibrahim Adjie (Pangdam VI Siliwangi)
  • Brigjen Pol. R. Enoch Danubrata
  • Kol. Udara Wiradinata
  • Prof. Mr. H. Muhammad Yamin (Jakarta)
  • Soedjarwo Tjondronegoro,S.H. (Jakarta)
  • Adam Malik
  • B.M. Diah
  • R.S. Soeradiradja
  • Dajat Hardjakoesoema
Dalam waktu yang relatif singkat usaha panitia tersebut sudah mulai nampak. Dengan SK Ketua Yayasan Pembina Unpad, tanggal 6 September 1960, dibukalah Jurnalistik dan Publisistik yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Unpad dan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 18 September 1960.



Data didapat dari ---> http://www.fikom.unpad.ac.id/?page=sejarah

UKM!

" Mahasiswa harus aktif, jangan jadi  
KUPU-KUPU 
kuliah-pulang-kuliah-pulang "

Tapi jelas aktif nya harus dalam hal yang positif ya! Ada banyak lho kegiatan yang bisa kita ikutin di FIKOM UNPAD. Penasaran? Here it is,c-c-ch-chec-check it out!





    Communication Soccer Mighty Club (Cosmic UNPAD)
Cosmic merupakan klub futsal yang dimiliki oleh Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD. Cosmic mulai terbentuk pada tahun 2003. Menurut ketua Cosmic, kang Angga, anggota cosmic kebanyakan dari angkatan ’08 dan ’10, dan sekitar 20 orang dari angkatan 2011 bergabung baru baru ini. Saat ini anggota COSMIC terhitung kurang lebih 30 orang. Latihan diadakan setiap hari Selasa dan Kamis pada pukul 15.00 – 17.00.






1   Klub Aktivis Pegiat dan Pemerhati Alam Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Padjadjaran (KAPPA FIKOM UNPAD)
Mulai terbentuk pada 22 November 1998. KAPPA merupakan kumpulan pecinta alam di FIKOM UNPAD. Kegiatannya yaitu menikmati keindahan alam dan juga menjaga kelestarian alam tersebut, ada 5 divisi dalam KAPPA yang masing masing memiliki peran dan jenis kegiatan yang terspesifikasi sendiri. Kelima divisi tersebut adalah BIDIG, GURITA, KORAL, ORAD, dan FOSE.

BIDIG ( Tebing Dinding Goa )
Divisi BIDIG ini adalah bidang yang mendalami kegiatan yang dikhususkan pada panjat-memanjat tebing, dan eksplorasi Goa.

GURITA ( Gunung Rimba Hutan )
Divisi yang satu ini sesuai namanya, adalah divisi yang senang menjelajah ke hutan hutan, dan mendaki gunung lewat lembah, dari kegiatan ini berawal sejarah dari KAPPA

KORAL ( Konservasi Alam )
Saat melihat nama divisi yang satu ini, KORAL, yang terlintas di pikiran bahwa divisi ini adalah divisi yang peduli dengan kehidupan laut, padahal, divisi ini justru divisi yang menjaga kelestarian alam, tidak hanya laut.

ORAD ( Olahraga Arus Deras )
Divisi ORAD, cukup jelas pada namanya, ini adalah divisi yang gemar melakukan kegiatan rafting, atau yang biasa disebut arung jeram.

FOSE ( Fotografi Seni )
Dari kelima divisi di KAPPA, FOSE merupakan divisi yang mencakup semua divisi KAPPA. Mengapa demikian? FOSE isinya fotografer – fotografer yang berpencar mengikuti setiap kegiatan divisi dengan sasaran untuk menangkap dan mengabadikan pemandangan ataupun hal hal yang fenomenal berhubugan dengan alam, sekaligus mereka sebagai dokumentasi.




Biro Kerohanian Islam Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
 (BKI FIKOM UNPAD)
Awal mulai BKI dirintis sejak tahun 1991. Pada waktu itu, organisasi
ini hanyalah serangkaian kegiatan yang bersifat konsolidasi dan kegiatan
kegiatan rutin berupa diskusi-diskusi keislaman yang dilakukan oleh
kelompok pengajian dan kemudian menamakan dirinya sebagai Forum
Mahasiswa Islam Fikom (FORMASIF) dengan ketua pertama yaitu Taufiq
(1991-1992), awalnya bukan organisasi melainkan sebuah forum. Sifatnya
waktu itu hanya berupa kegiatan-kegiatan kecil dan kelompok pengajian
yang lama kelamaan berkembang dan mempunyai sebuah visi yang sama
untuk merubah moral di fikom  hingga melatarbelakangi terbentuknya BKI.
Pada angkatan 2004 , ketua BKI 2006 menjadi ketua BEM yang
mengakibatkan kurangnya pelaksanaan kegiatan-kegiatan dari BKI sendiri
dan mulai dari tahun 2009 hingga sekarang BKI membangun sistem
manajemen organisasi dan kaderisasi sehingga disebut sebagai masa
pembangunan.

Ikatan Mahasiswa Kristen dan Katolik (IMKK)



IMKK 
adalah kepanjangan dari Ikatan Mahasiswa Kristen dan Katolik yang menjadi
persekutuan bagi mahasiswa beragama Kristen dan Katolik dalam bidang
keagamaan.
Keanggotaannya sendiri cukup unik,tidak diperlukan proses registrasi untuk
masuk ke dalam IMKK,semua diperkenankan bergabung. 
Kegiatan rutin yang IMKK lakukan adalah “Ibadah Jumat” yang dilaksanakan pukul 15.30 tepat setelah semua kegiatan perkuliahan selesai. Kemudian terdapat “Doa Sore” yang dilaksanakan tiap hari Senin jam 15.00. 

Untuk kegiatan tak rutin IMKK mengadakan retret,retret sendiri tidak
tentu waktu pelaksanaannya karena pada dasarnya retret dilaksanakan
saat dirasa dibutuhkan. Karena diharapkan retret dapat membuahkan
sebuah hasil dan pembaharuan di hidup kita,bukan sekedar untuk
hiburan atau senang-senang semata. Selain retret ada baksos yang
diadakan sebagai variasi Ibadah Jumat. Kemudian terdapat “Ibadah
Gabungan” yaitu ibadah gabungan IMKK dengan persekutuan
mahasiswa Kristen dan Katolik dari fakultas lain.

Selain itu IMKK memiliki TM atau Talent Ministry,tujuan dibentuk TM
adalah untuk mengasah kemampuan yang dimiliki,serta menyalurkan
hobi kita. TM di IMKK dibagi 3 yaitu “TM MUSIK” untuk yang tertarik
dengan  dunia musik, “TM VOCAL” bagi yang menyukai seni tarik
suara serta yang terakhir yaitu “Ponticello”. Ponticello adalah bulletin
bulanan IMKK. Di Ponticello kita dapat mengasah bakat menulis,design
atau gambar. Uniknya lagi struktur kepanitiaan dalam Ponticello
layaknya sebuah majalah sungguhan dengan pemimpin umum sebagai
ketuanya. Jadi selain dapat menyalurkan hobi kita juga dapat belajar
mengenai pembuatan majalah dan menambah wawasan serta ilmu kita.



Monday, 29 August 2011

First Post



Halo!
Kami dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran kelompok 10!
Blog ini akan membahas tentang segala kegiatan kami sebagai mahasiswa baru di Fikom Unpad.
Enjoy :)